PIRAMIDA.ID- Empat abad silam, ilmuwan Italia Galileo Galilei mempertaruhkan kebebasan dan kehidupannya untuk meyakinkan lembaga agama bahwa model sistem tata surya Copernicus—di mana Bumi dan planet-planet lain berputar mengelilingi matahari—mewakili realitas fisik.
Melalui amatannya sendiri dan temuan para astronom lain, tidak ada yang bisa benar-benar memperdebatkan bahwa apa yang dilihat orang melalui teleskop adalah ilusi optik. Satu-satunya pertahanan yang tersisa bagi mereka yang menolak untuk menerima kesimpulan Nicolaus Copernicus adalah menolak interpretasi hasil.
Para teolog menyimpulkan bahwa bumi yang bergerak dan matahari yang diam berada dalam konflik dengan interpretasi literal tulisan suci, dan dengan model geosentris Ptolema, yang telah diadopsi ortodoksi Gereja Katolik. Para penyangkal mengutip kitab Yosua, di mana atas permintaan Yosua, Allah memerintahkan matahari, dan bukan Bumi, untuk berdiri diam di atas kota kuno Gibeon di Kanaan.
Galileo kemudian menerbitkan bukunya berjudul Dialogue Concerning the Two Chief World Systems di mana ia mencemooh orang-orang yang menolak sistem Copernicus. Pada 12 April 1633, kepala inkuisitor Pastor Vincenzo Maculano, yang ditunjuk oleh Paus Urban VIII, meluncurkan inkuisisi Galileo dan memerintahkan astronom itu untuk memulai persidangan di kantor suci Vatikan–merujuk cerita pada laman history.
Pengadilan Galileo berlangsung dalam tiga sesi, pada 12 April, 30 April dan 10 Mei pada 1633. Lalu Hukuman disampaikan pada 22 Juni.
Dalam sesi pertama, jaksa Maculano memberikan peringatan terhadap Galileo 17 tahun sebelumnya, di mana Galileo diperintahkan oleh Komisaris Jenderal Gereja untuk meninggalkan ide-ide Copernicusnya dan tidak membela atau mengajar hal tersebut mereka dengan cara apa pun.
Dokumen ini penting, karena dalam bukunya (diterbitkan pada 1632), Galileo menyajikan argumen yang mendukung model Copernicus, meskipun ia menambahkan kata pengantar dan coda yang menyiratkan bahwa seseorang tidak dapat menyimpulkan dari dua model yang benar.
Ketika ditanya instruksi apa yang telah dia terima pada tahun 1616, Galileo berkata, “Tuan Kardinal Bellarmino [yang pernah menjadi Kepala Teolog Kantor Suci] mengatakan kepada saya bahwa karena pendapat Copernicus bertentangan dengan kitab suci, itu tidak dapat ditahan atau dipertahankan, tapi itu bisa diambil dan mungkin bisa digunakan.” Galileo bahkan menghasilkan salinan surat yang diberikan kepadanya oleh Bellarmino.
Dari sudut pandang hukum murni, ini membawa bukti yang memberatkan dan membenarkan Galileo secara praktis, karena, sementara dokumen perintah pengadilan berbicara tentang “untuk tidak memegang, mengajar, atau membela dengan cara apa pun, baik secara lisan maupun tertulis,” surat Bellarmino digunakan bahasa yang jauh lebih lemah “untuk tidak berpegangan atau membela Copernicanism.”
Namun, komisi khusus yang ditunjuk untuk memeriksa Dialog Galileo dan untuk menentukan apakah ia melanggar larangan untuk memegang, mengajar atau membela Copernicanisme dengan cara apa pun, mengeluarkan laporan yang menyimpulkan bahwa dalam menulis buku, Galileo telah melanggar perintah tersebut. Salah satu anggota, Jesuit Melchior Inchofer, menyatakan bahwa Galileo “diduga keras mengikuti” pendapat Copernicus, dan “memang dia memegangnya.”
Merasa terintimidasi dan takut akan hidupnya, Galileo kemudian mengakui bahwa dalam bagian-bagian tertentu dari bukunya, argumen yang mendukung Copernicanisme tampak lebih kuat daripada seharusnya, karena “ambisi yang sia-sia, ketidaktahuan murni, dan ketidaksengajaan.” Galileo pun menawarkan untuk memperbaiki buku yang dipesan oleh pengadilan, diakhiri dengan permohonan keringanan hukuman, berdasarkan usia dan kelemahannya.
Ringkasan proses persidangan ternyata sangat membahayakan Galileo. Bahkan ia tertimpa tuduhan palsu yang diajukan terhadapnya sekitar 18 tahun sebelumnya, seperti bahwa ia telah didengar menyatakan bahwa Tuhan adalah sebuah “kecelakaan.”
Pada 22 Juni 1633, Galileo diperintahkan untuk berlutut ketika ia “dicurigai sebagai bidat.” Dia dipaksa untuk “sepenuhnya meninggalkan opini salah” dari Copernicanism, dan membaca sebuah pernyataan, di mana dia menarik kembali sebagian besar pekerjaan hidupnya.
Dari sudut pandangnya yang sangat sempit, Gereja memang bertindak dalam otoritas hukumnya: Galileo dihukum karena dua fakta yang tak terbantahkan. Dengan menulis buku dia melanggar perintah yang dikeluarkan oleh Komisaris Jenderal pada 1616, bukan untuk membela atau mengajar model Copernicus. Selain itu, dia memperoleh izin Gereja untuk mencetak buku itu tanpa mengungkapkan bahwa perintah itu ada.
Galileo adalah seorang tua, lelaki buta yang masih dalam tahanan rumah ketika seorang penyair, John Milton, mengunjunginya pada 1638. Milton kemudian merujuk kunjungannya ke ilmuwan itu ketika ia menentang lisensi dan sensor dalam sebuah pidato di Parlemen Inggris pada tahun 1644 .
Si penyair memperingatkan orang-orang sebangsanya, “inilah yang telah meredam kejeniusan kecerdasan Italia; bahwa tidak ada tulisan di sana sekarang selama bertahun-tahun ini selain sanjungan dan fustian. Di sanalah saya menemukan dan mengunjungi Galileo yang terkenal yang sudah tua, seorang tahanan Inkuisisi, karena mempunyai pemikiran Astronomi lain dari yang dipikirkan para pemberi lisensi Franciscan dan Dominika.”
Sumber: History,