Aryanto Sitorus*
PIRAMIDA.ID- Pengertian pembelajaran daring secara umumnya adalah pembelajaran yang memanfaatkan media elektronik dalam pelaksanaannya. Media elektronik dalam pembelajaran daring yang biasa digunakan adalah komputer atau dapat menggunakan handphone dan internet.
Pada dasarnya penerapan pembelajaran daring dalam kegiatan belajar mengajar memiliki banyak keuntungan baik bagi pendidik itu sendiri maupun bagi siswa. Keuntungan yang diperoleh bagi pendidik, yaitu pendidik dapat dengan mudahnya memperbaharui materi apabila ada yang salah atau ada materi yang harus ditambah untuk memperjelas materi pelajaran tersebut.
Selain pendidik, pelajar pun mendapat keuntungan, yaitu dapat mengakses kapan saja dan di mana saja, sehingga fleksibilitas dalam pembelajaran sangat tinggi.
Fleksibilitas yang ada saat menerapkan pembelajaran daring sangat berguna bagi pendidikan di tengah pandemik seperti ini. Pertama kalinya terjadi penyebaran virus corona yang tergolong cepat dan sangat mudah sehingga banyak memakan korban, virus yang awalnya belum diketahui keberadaan dan jenisnya ini dapat dihindari salah satunya dengan pembatasan sosial karena belum adanya vaksin yang dapat memberhentikan penyebaran virus tersebut.
Hal ini sangat merugikan semua kalangan di berbagai bidang, salah satunya pada bidang pendidikan. Kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan di sekolah dengan tatap muka secara langsung harus ditiadakan dan kegiatan pembelajaran dilakukan di rumah masing-masing. Hal ini menyebabkan pentingnya penggunaan pembelajaran daring di tengah pandemik seperti ini.
Apalagi sebelum adanya peraturan kegiatan belajar mengajar dari rumah masing-masing, penerapan pembelajaran daring belum maksimal digunakan. Seringkali pendidik masih menggunakan pembelajaran daring hanya untuk mengumpulkan tugas bahkan masih banyak pendidik yang mengandalkan pembelajaran langsung secara utuh.
Dengan adanya pandemik seperti ini, menjadi tantangan bagi seorang pendidik untuk memanfaatkan pembelajaran daring pada kegiatan belajar mengajar dari rumah masing-masing. Sehingga diperlukan inovasi yang tinggi bagi pendidik untuk membuat pembelajaran dapat diminati/menarik bagi siswa walaupun tidak bertatap muka secara langsung dan dapat memanfaatkan secara maksimal pembelajaran daring dalam penyampaian materi sesuai dengan kurikulum yang sudah ditentukan.
Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah bagi para tenaga pengajar dan pendidik merupakan perubahan yang harus dilakukan oleh guru untuk tetap mengajar siswa. Pendidikan dengan jarak jauh memiliki tujuan agar mutu pendidikan meningkatkan dan relevansi pendidikan serta meningkatkan pemerataan akses dan perluasan pendidikan.
Pendidikan jarak jauh yang diselenggarakan dengan penjaminan kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan merupakan salah satu mekanisme perluasan akses pendidikan tinggi. Program Belajar Jarak Jauh (PBJJ) merupakan alternatif yang digunakan saat ini oleh setiap siswa untuk melaksanakan proses belajar mengajar walaupun tidak dengan tatap muka.
PBJJ merupakan suatu keputusan yang harus dilakukan oleh sekolah agar tujuan pendidikan dapat dilaksanakan secara efektif dan efesien. Sekolah merupakan sebuah organisasi modern yang harus beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Siswa di tengah pendemi COVID-19 harus tetap menjalankan proses belajar. Dengan sistem PBJJ ini menjadi tantangan bagi setiap siswa untuk tetap menjalankan tujuan pendidikan. Pandemi COVID-19 menyebabkan siswa melakukan budaya adaptif atau penyesuaian diri dengan keadaan.
Kendala dalam pembelajaran online bagi peserta didik menjadi hal yang penting untuk dianalisis dan dikaji. Di antara kendala yang dihadapi oleh siswa dalam mengikuti pembelajaran online, yaitu kurang memahami materi, kuota internet yang belum memadai, jaringan yang tidak stabil, dan lain-lain.
Sehingga hasil belajarnya pun menjadi kurang memuaskan karena masih banyak nilai di bawah standar kelulusan, Hal itulah yang menjadi permasalahan siswa pada pembelajaran selama pandemi COVID-19.(*)
Penulis merupakan mahasiswa Universitas Simalungun Prodi Pendidikan Kewarnegaraan. Aktif organisasi di Jaga Lingkungan Sumatera Utara (Jalin Sumut).