PIRAMIDA.ID- Setelah kemarin sukses mengikuti program yang dilaksanakan oleh Kemenparekraf dalam acara yang diselenggarakan pada 18-20 Maret 2022 lalu, yaitu ‘Planogram Goes to Mandalika’, kini UMKM UD Ulos Boru Simatupang kembali terpilih untuk mengikuti pameran produk planogram yang akan ditampilkan pada acara “Matching dan Pameran Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah”.
Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 11-23 April 2022 dan akan dilanjutkan pada puncak acara di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, pada tanggal 22-26 April 2022.
Hal itu disampaikan oleh Frengki Simanjuntak selalu pengelola UMKM UD Ulos Boru Simatupang saat ditemui di butik usahanya, Komplek Gedung Pasar Horas, Pematangsiantar pada Jumat (22/04/2022).
Seperti diketahui, acara tersebut dihadiri langsung oleh bapak presiden, yaitu Joko Widodo, di mana bapak presiden sendiri memiliki komitmen bahwa dukungannya kepada pengembangan Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) akan berperan besar dalam perekonomian Indonesia.
Pada acara ini Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan business matching belanja produk dalam negeri tahap II merupakan pasar khusus (captive market) yang harus dimanfaatkan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
Frengki menyampaikan, bahwa pemerintah telah mewajibkan 40 persen belanja kementerian/lembaga, pemerintah daerah (pemda), dan BUMN untuk membeli produk koperasi maupun UKM baik produk atau jasa.
Frengki tak luput menyampaikan rasa bahagia dan ungkapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan pemerintah terhadap UMKM untuk mengikuti program nasional tersebut.
“Kita mengharapkan adanya dampak positif dari terobosan yang dilakukan pemerintah, yang di mana sudah hampir 3 tahun semua pelaku usaha apalagi UMKM sangat berdampak akibat adanya pandemi Covid-19 kemarin,” ucapnya.
Adapun rangkaian showcase dan business matching tahap II terdiri dari empat kategori. Pada hari pertama ialah produk alat kesehatan, wellness, dan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dari tanggal 11-12 April 2022.
Memasuki hari kedua akan diikuti produk alat berat, manufaktur, dan pertanian pada tanggal 14-15 April 2022. Untuk hari ketiga akan dipamerkan produk teknologi informasi, komunikasi, dan digital pada tanggal 17-18 April 2022.
Terakhir ialah pameran produk jasa teknik dan 17 sub sektor produk industri kreatif lainnya pada tanggal 20-21 April 2022.
Di akhir, Frengki mengharapkan, dengan terpilihnya UMKM UD Ulos Boru Simatupang pada kegiatan ini yang akan diikuti dengan total jumlah peserta kurang lebih 400 UMKM dari seluruh Indonesia dan juga industri-industri besar, sangat besar harapan seluruh UMKM di Indonesia dapat pulih kembali dan semakin maju.(*)